Contoh AD ART koperasi ini adalah update terbaru dari yang pernah saya buat sebelumnya. dalam Organisasi Ad/Art merupakan bagian integral dari sebuah proses pembentukan koperasi. Keberadaan AD/ART sama pentingya dengan pemahaman prinsip dan nilai koperasi hanya saja secara struktur AD/ART adalah perangkat organisasi.

Dalam posting ini saya sertakan contoh Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga koperasi, tetapi perlu diingat organisasi koperasi tidak serta merta  bisa mengcopt paste begitu saja secara mentah ada bagian-bagain sensitif yang harus diperhatikan misalnya tempat dan atribut organisasi, persyaratan anggota dan pembagian SHU. Bisa jadi SHU dibagi tidak dengan persentasi seperti didalam contoh.

Cukup banyak permintaan untuk menampilkan contoh AD/ART koperasi, Pada posting kali ini saya menyertakan contoh AD/ART Koperasi yang saat ini dipakai oleh koperasi indonesia, saya membuka kesempatan untuk konsultasi gratis via blog ini untuk memperdalam pemahaman tentang AD/ART Koperasi.

Pengertian AD ART Koperasi

Adart koperasi

Ilustrasi Dokumen Ad/Rrt koperasi

AD ART Koperasi adalah merupakan keseluruhan darai rangkaian aturan yang mengatur secara langsung jalanya kehidupan dalam koperasi dan juga mengatur tentang hubungan antara koperasi sebagai organisasi dengan para anggotanya.

Pengertian AD atau Anggaran dasar  bisa diartikan sebagai tata tertib sedangkan pengertian ART atau Anggaran Rumah Tangga merupakan dasar dari pengelolaan koperasi didalamnya terdapat poin poin diantaranya,

  1. Daftar dari nama-nama pendiri koperasi
  2. Nama Koperasi dan tempat kedudukan dari koperasi
  3. Maksud dan tujuan serta terdapat juga  bidang usaha yang dijalankan
  4. Ketentuan yang menyangkut keanggotaan
  5. Ketentuan mengenai pelaksanaan rapat anggota
  6. Ketentuan mengenai bagaimana pengelolaan koperasi
  7. Ketentuan  permodalan Koperasi
  8. Ketentuan mengenai jangka waktu
  9.  Ketentuan mengenai cara pembagian SHU, bisa dilihat di posting cara menghitung SHU
  10. Ketentuan sanksiterhadap pelanggaran

Contoh AD/ART bisa di lihat melalui dokumen pdf dibawah ini. Semoga ber
manfaat untuk lebih memantapkan struktur manajemen koperasi Indonesia. AD/ART di susun setalah terjadi kesepakatan oleh minimal 20 oranguntuk membentuk koperasi dengan syarat, tempat (kantor) atribut dan usaha koperasi telah ada. Silahkan klik gambar berikut ini

Download pendirian koperasi

setelah register anda akan  melihat contoh AD/ART koperasi lengkap dalam bentuk pdf berikut pembahasanya silahkan register terlebih dahulu, agar kami bisa memantau penggunaan file kami, silahkan isi formulir untuk mendapatkan contoh ad/art koperasi.