Contoh AD ART Koperasi

by
Adart koperasi
Ilustrasi Dokumen Ad/Rrt koperasi
 Contoh AD ART koperasi ini adalah update terbaru dari yang pernah saya buat sebelumnya. dalam Organisasi Ad/Art merupakan bagian integral dari sebuah proses pembentukan koperasi. Keberadaan AD/ART sama pentingya dengan pemahaman prinsip dan nilai koperasi hanya saja secara struktur AD/ART adalah perangkat organisasi.

Dalam posting ini saya sertakan contoh Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga koperasi, tetapi perlu diingat organisasi koperasi tidak serta merta  bisa mengcopt paste begitu saja secara mentah ada bagian-bagain sensitif yang harus diperhatikan misalnya tempat dan atribut organisasi, persyaratan anggota dan pembagian SHU. Bisa jadi SHU dibagi tidak dengan persentasi seperti didalam contoh.

Cukup banyak permintaan untuk menampilkan contoh AD/ART koperasi, Pada posting kali ini saya menyertakan contoh AD/ART Koperasi yang saat ini dipakai oleh koperasi indonesia, saya membuka kesempatan untuk konsultasi gratis via blog ini untuk memperdalam pemahaman tentang AD/ART Koperasi.

konsultasi Koperasi dan UKM

Konsultasi koperasi dan UKM disini, ahli kami akan membantu anda

Pengertian AD ART Koperasi

Adart koperasi
Ilustrasi Dokumen Ad/Rrt koperasi

AD ART Koperasi adalah merupakan keseluruhan darai rangkaian aturan yang mengatur secara langsung jalanya kehidupan dalam koperasi dan juga mengatur tentang hubungan antara koperasi sebagai organisasi dengan para anggotanya.

Pengertian AD atau Anggaran dasar  bisa diartikan sebagai tata tertib sedangkan pengertian ART atau Anggaran Rumah Tangga merupakan dasar dari pengelolaan koperasi didalamnya terdapat poin poin diantaranya,

  1. Daftar dari nama-nama pendiri koperasi
  2. Nama Koperasi dan tempat kedudukan dari koperasi
  3. Maksud dan tujuan serta terdapat juga  bidang usaha yang dijalankan
  4. Ketentuan yang menyangkut keanggotaan
  5. Ketentuan mengenai pelaksanaan rapat anggota
  6. Ketentuan mengenai bagaimana pengelolaan koperasi
  7. Ketentuan  permodalan Koperasi
  8. Ketentuan mengenai jangka waktu
  9.  Ketentuan mengenai cara pembagian SHU, bisa dilihat di posting cara menghitung SHU
  10. Ketentuan sanksiterhadap pelanggaran

Contoh AD/ART bisa di lihat melalui dokumen pdf dibawah ini. Semoga ber
manfaat untuk lebih memantapkan struktur manajemen koperasi Indonesia. AD/ART di susun setalah terjadi kesepakatan oleh minimal 20 oranguntuk membentuk koperasi dengan syarat, tempat (kantor) atribut dan usaha koperasi telah ada. Silahkan klik gambar berikut ini

Download pendirian koperasi

setelah register anda akan  melihat contoh AD/ART koperasi lengkap dalam bentuk pdf berikut pembahasanya silahkan register terlebih dahulu, agar kami bisa memantau penggunaan file kami, silahkan isi formulir untuk mendapatkan contoh ad/art koperasi.

About Author: Gusbud

Gravatar Image
Gusbud adalah kependekan dari Agus Budiono. Pengamat dan praktisi koperasi dan Internet Marketing yang merupakan alumni Teknik UGM ini aktif di gerakan koperasi semenjak menjabat sebagai pengurus Kopma UGM. Saat ini banyak berkecimpung bidang socialpreneurship juga masih aktif menulis blog serta mengisi training.

103 thoughts on “Contoh AD ART Koperasi

  1. Saya diminta teman untuk mendownload AD/ART koperasi jenis Simpan Pinjam bagi kantornya. apakah secara umum ada perbedaab antara ragam koperasi dengan AD?ART-nya? atau kita mengacu pada satu AD/ART?

  2. mana area downloadnya?….. saya mau download ad/art nya nih?

    Contoh AD/ART bisa di Download pada area Download. Semoga bermanfaat untuk lebih memantapkan struktur manajemen koperasi Indonesia.

  3. Untuk Universe AD ART koperasi pada prinsipnya sama tidak tergantung bentuknya hanya saja pada klausul jenis usaha di cantumkan jenis usahanya apa saja terima kasih

  4. tenkqiu..!!
    makasi banyak bapak karena blog bapak ini,, kerjaan saya sangat tertolong.!! dan saya telah berhasil donload AD ART.!
    mudah-mudahan karena ini KOPKAR di perusahaan saya berjalan lancar dan karyawan makin sejahtera..!!!
    wasalam (adlul dudi)

  5. Pak, ada yg lebih spesifik lagi nggak ? saya butuh contoh AD/ART Koperasi yg bergerak di bidang Simpan-Pinjam, Toko, dan Jasa. Terima kasih.

  6. tidak ada perbedaan bu ikes ibu tinggal mengganti jenis usahanya saja, kemudian klo dirasa perlu diganti pembagian shunya secara umum semua yang sama, malah jika ada yang dikurangi kuatirnya syarat minimal ad/art tidak terpenuhi

  7. tks untuk contoh2 ad art nya..
    sy sdh dl… klo masih ada yg lain tentang koperasi … mudah2an bs di dl jg.. apalagi bagi kami yg jauh sprt di daerah kepulauan talaud ini.

  8. Terimakasih Mas, atas contoh AD/ART Koperasinya. Ini sangat membantu kami. Semoga Mas senantiasa mendapat kebaikan dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Amin

  9. terimakasih byk untuk pembagian pengetahuannya mas.. saya hargai sekali.. semoga dibalas oleh yg mahakuasa atas kemurahan hati mas ya….

  10. saya mau tanyakan tentang koperasi simpan pinjam , apakah hak dan kewajiban anggota baru dengan lama sama pak? yang saya tanyakan mengenai lamanya cicilan, apa ada aturan yang jelas dalam AD/ART nya?

  11. pak saya minta ijin
    dan terima kasih asitas ilmunya
    mudah-mudahan bermanfaatuntuk saya dan orang lain

  12. Apakah boleh Kepengurusan lebih dari 2 periode? apakah ada ketentuan seorang pejabat tinggi menjadi ketua koperasi. Mohon penjelasannya.

  13. mas jika shu yg di peroleh dlm 1 tahun buku yg bersumber dari bkn anggota lebih besar daripada yg bersumber dr transaksi dengan anggota it jdny bagaimana y mas???

  14. Terima kasih mudah-mudahan kebaikan Bapak/Ibu menjadi pendorong bagi kemajuan perkoperasian di Indonesia.

  15. Banyak terima kasih atas ilmu dan ijinnya, semoga jadi ilmu yg bermanfaat, sukses selalu dan tetap berbagi pada sesama.

  16. Secara hukum seluruh perangkat koperasi dipilih oleh RAT jadi gak ada yang otomatis. Dalam koperasi sekolah kepala sekolah tidak mempunyai keddudukan apapun kecuali kalau kepala sekolah dipilih oleh anggota di RAT sebagai penasehat maka dia akan jadi panasehat kalau tidak diangkat oleh RAT ya tidak mempunyai kedudukan apapun.

  17. Pak saya punya sedikit kesulitan untuk menghitung SHU Koperasi mohon bantuannya.

    Koperasi di perusahaan kami berdiri sejak th 2006 aktivitas koperasi simpan pinjam,tapi belum pernah di bagikan SHU hanya di bagikan berupa sembako tiap tahun dengan nilai yg sama untuk setiap angotanya.
    1.yang saya tanyakan adalah bagaimana cara menghitung SHU aktivitas ekonomi & Modal Usaha?
    2.Apakah Total Transaksi Anggota diambil dari total pinjaman yg dilakukan anggota dalam satu tahun atau total pinjaman anggota dari tahun 2006?

    Terima Kasih.
    christyne_bi@yahoo.com

  18. ijin download Pak, artikelnya membantu sekali, soalnya di perusahaan kita juga ada koperasinya + besok akan diadakan koperasi Serikat Pekerja tingkat kabupaten, makasih Pak

  19. trims atas ijin download ad art koperasi. moga-moga koperasi yg baru kami dirikan akan bermanfaat bagi anggota dan masyarakat

  20. admin yth. terima kasih atas share AD/ART koperasinya. oya mohon penjelasan, apakah yg disebut Anggaran Dasar itu juga disebut ART. atau ART adalah aturan tersendiri yg dirumuskan sebagai acuan teknis kegiatan, dgn syarat tdk bertentangan dgn AD. jika ada format/draf contoh ART mohon kiranya dpt dishare, ats bantuan admin sy ucapkan terima kasih.

  21. admin yth. terima kasih atas share AD/ART koperasinya. oya mohon penjelasan, apakah yg disebut Anggaran Dasar itu juga disebut ART. atau ART adalah aturan tersendiri yg dirumuskan sebagai acuan teknis kegiatan, dgn syarat tdk bertentangan dgn AD. jika ada format/draf contoh ART mohon kiranya dpt dishare, ats bantuan admin sy ucapkan terima kasih.

  22. The file You are looking for… may be deleted by the user or by the Administrator !

    Mohon bantuannya bagaimana cara saya mendapatkan file ini?

  23. The file You are looking for… may be deleted by the user or by the Administrator !

    Mohon bantuannya bagaimana cara saya mendapatkan file ini?

  24. betul mohon ijin donlot juga nih, tapi kok "The file You are looking for… may be deleted by the user or by the Administrator !"

  25. terimakasih atas wawasan yg telah di berikan,semula saa tidak tau menjadi menggerti .semoga perkoprasian indonesia semakin maju…

  26. Dengan konsep ekonomi berbagi, dapatkah modal Koperasi dari simpanan anggota tidak selalu dalam bentuk uang tetapi dalam bentuk jasa atau usaha yang dinilai setara dengan uang dari anggota pada Koperasi?

  27. mau tanya mohon info mengenai persyaratan
    pembukaan cabang koperasi NON KSP, KJP atau koperasi yang bergerak dibidang jasa

    1. Selamat pagi pak, saya kira untuk banyak kota persayaratnay sama tetapi untuk jelasnya saya sarankan untuk berkonsultasi ke dinas terkait karena kewenanagna penetapan prasarat teknis pembukaan cabang koperasi ada di dinas kop kabupaten atau kota. terima kasih semoga membantu

  28. selamat malam pak apakah ART untuk koperasi jasa sama dengan ART koperasi pada umumnya, ato ada perbedaan, mohon pencerahannnya? apa ada contoh yang ARTnya saja…..terima kasih

    1. pada prinsipnya sama pak yudi, tetapi tentu saja hal2 yang terkait hal2 yg khas di organisasi berbeda, misalnya jika anggotanya sebagaian besar pns bisa saja status keanggotaanya berubah saat pensiun, kemudian juga terkait usahanya tentu berbeda dengan simpan pinjam misalnya, tetapi secara umum sama pak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.