Mengatasi Pengurus Yang Tidak Solid

by
pengurus koperasi

Pertanyaan:

Saya adalah ketua koperasi, sekretaris saya tidak mau membantu sama sekali dalam kepengurusan koperasi. Dan dia tidak menganggap atau menghargai saya sebagai ketua. Pertanyaan saya apa yg hrs saya lakukan menghadapi sikapnya. Apakah saya hrs tetap memberikan honor padanya walaupun dia gak peduli dg tugas tugasnya.

konsultasi Koperasi dan UKM

Konsultasi koperasi dan UKM disini, ahli kami akan membantu anda

Jawaban:

Cara Mengatasai pengurus yang tidak solid atau pengurus yang tidak bekerja sebagaimana mestinya bisa di tempuh dengan beberapa hal, namun sebelumnya perlu di pahami postioning pengurus, anda bisa melihat dalam posting kami tentang organisasi koperasi.

Pengurus di pilih dan disahkan oleh RAT maka pengurus bertanggung jawab kepada RAT bukan kepada ketua koperasi. Dalam hal kasus diatas maka apabila pengurus tidak melaksanakan tugas dengan baik maka langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut.

  1. Evaluasi di tingkat rapat pengurus
  2. Evaluasi bersama pengawas
  3. Jika tidak ada perbaikan maka di usulkan diadakan Rapat Anggoita Luar Biasa untuk memberhentikan pengurus.

Ingat ketua tidak berhak menahan honor atau memberhentian sekretaris tresebut, yang berhak memberhentikan adalah RAT.

Saran saya sebelum mengambil langkah ke RAT luar biasa, lakuan pendekatan personal, salah satu tugas ketua adalah memimpin tim pengurus agar solid dan mampu menjalankan tugas anggota. Atasi kendala komunikasi dengan sekretaris, persoalana semacam ini lebih banyak karena persoalan manajamen saja.

About Author: Gusbud

Gravatar Image
Gusbud adalah kependekan dari Agus Budiono. Pengamat dan praktisi koperasi dan Internet Marketing yang merupakan alumni Teknik UGM ini aktif di gerakan koperasi semenjak menjabat sebagai pengurus Kopma UGM. Saat ini banyak berkecimpung bidang socialpreneurship juga masih aktif menulis blog serta mengisi training.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.