Menentukan Besaran Iuran Koperasi

by
cara menentukan besaran iuran koperasi

Pertanyaan:

Terkait Bagaimana menentukan besaran iuran koperasi. Pertanyaan dari saudara Nawai: iuran simpan wajib, apakah boleh lebih besar dari yang telah ditetapkan oleh RAT, contoh : RAT menetapkan setiap anggota 100 ribu / bln, tapi ada anggota yang mengiur 200 ribu, mohon penjelasannya
Terima kasih

konsultasi Koperasi dan UKM

Konsultasi koperasi dan UKM disini, ahli kami akan membantu anda

Jawaban:

Besaran iuran koperasi ditentukan oleh sebarapa besar kebutuhan modal dari koperasi tersebut. Nilainya di tentukan di RAT atas usul dan hasil kajian pengurus atau tim ad hoc.

Iuan koperasi sendiri yang umum adalah iuran wajab dan sukarela, maka menjawab pertanyaan diatas, iuran wajib harus disesuaikan dengan keputusan RAT sedangkan kelebihanya bisa di masukan ke simpanan sukarela yang bersarnya tidak di tentukan.

Iuran wajib tidak bisa diambil sampai status keanggotaanya di cabut atau berhenti, sedangkan iuran sukarela bisa sewaktu waktu di ambil. Atas simpanan tersebut koperasi bisa memberikan point yang nantinya akan di beri Sisa Hasil Usaha.

About Author: Gusbud

Gravatar Image
Gusbud adalah kependekan dari Agus Budiono. Pengamat dan praktisi koperasi dan Internet Marketing yang merupakan alumni Teknik UGM ini aktif di gerakan koperasi semenjak menjabat sebagai pengurus Kopma UGM. Saat ini banyak berkecimpung bidang socialpreneurship juga masih aktif menulis blog serta mengisi training.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.