Contoh Laporan RAT Koperasi (Laptah)

by
Laporan RAT

Contoh Laporan RAT atau biasa juga di sebuh sebagai Laptah (Laporan Tahunan) Koperasi ini dibuat oleh pengelola Koperasi.net sesederhana mungkin dan anda bisa sesuaikan dengan kondisi koperasi anda masing – masing. Basic dari Laporan RAT ini adalah untuk Koperasi Konsumen. bagi anda penggiat koperasi simpan pinjam bisa melakukan beberapa penyesuaian.

Laptah merupakan kewajiban pengurus utuk melaporkan hasil pelaksanaan tugas selama satu periode. Laporan RAT ini harus disampaikan berdasarkan fakta dan dapat di pertanggungjawabkan. Dalam konteks transparansi laptah seyogyanya disajikan secara objektif bukan sebagai pembenar atau argumen yang tidak subtansial. Pada hakikatnya laptah adalah sebuah laporan yang berisi apasaja yang telah dikerjakan pengurus sesuai dengan arahan dan kebijakan RAT.

Dalam penyusunan Laptah seharusnya mengandung unsur-unsur berikut:

  • Berdasarkan rencana
  • Disajikan secara terukur
  • Rasio(perbandingan) atas rencana dan capaian.
  • Argumentasi obyektif atas kendala dan permasalahan

Contoh Format Laporan RAT
Sebagai pedoman dasar dalam pembuatan Laptah maka Laporan Tahunan dapat disusun atas struktur Sebagai Berikut:

  1. Judul yang memuat nama fungsi atau bidang
  2. Pendahuluan atau halaman pembuka. Disini disamapaikan latar belakang dan alasan-alasan fundamental yang akan disajikan dalam LAPTAH nanti.
  3. Program kerja. Proker disajikan lengkap dengan target dan Indikator sebagai acuan.
  4. pelaksanaan Program Kerja. Tuliskan program kerja beserta target dan idikatornya berikut rencana waktu pelaksanaan. Berikan preview singkat tentang proses pelaksanaan program. Selanjutnya berikan analisa rasio antara perencanaan dan realisasi program. Berikan penjelasan tentang capaian program didasarkan pada target dan indikator, jika berhasil sampai dimana tinggkat keberhasilanya, jika tidak kenapa tidak terlaksana, apa kendalanya. Mohon diingat, bukan alasan atas ketidak berhasilan program, tetapi penjelasan kongkrit kenapa program tidak berjalan. Apabila satu bidang dikenai beberapa fungsi sekaligus maka sistematikanya disusun berurutan
  5. Rekomendasi. Diberikan berdasarkan pertimbangan objektif atas program yang telah dilakukan. Base of problem, berdasarkan kendala dan berisi saran perbaikan.
  6. Penutup.

Previewnya bisa anda lihat seperti dibawah ini

Contoh Format Laporan RAT

Untuk posting manajemen Koperasi yang lain silahkan lihat Related Post berikut ini. Jika ada pertanyaan terkait contoh Laporan RAT silahkan tinggalkan komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *