Manajemen Kopkar, Modal

by
Kopkar
Ilustrasi Karyawan

Manejemen kopkar atau manajemen koperasi karyawan ini saya tulis sebagai referensi untuk teman-teman penggiat koperasi karyawan baik koperasi simpan pinjam ataupun koperasi konsumen. Sebagai dasar pemahaman menajamen silahkan anda lihat posting saya sebelumnya.  Disana terdapat beberapa point tentang manajemen.

Manajemen koperasi

Modal Koperasi

Kopkar
Ilustrasi Karyawan

Saya menulis judul manajemen kopkar, meskipun demikian tulisan ini tetap relevan dengan koperasi lain, karena persoalan permodalan dihadapi oleh setiap koperasi.

┬áModal koperasi biasanya di bedakan menjadi modal sendiri, modal pinjaman dan modal penyertaan. Bagi Kopkar seringkali struktur modal ini terkait erat dengan perusahaan mereka, ada perusahaan yang ingin ikut mengkontrol koperasi karywan dengan menyertakan modal bahkan ada pula kopkar yang dikendalikan” dibawah” manajemen perusahaan.

Modal penyertaan tujuanya adalah untuk memperkuat struktur modal koperasi, sumberr modal bisa dari Pemerintah, anggota masyarakat, badan usaha dan juga badan-badan lainnya. Proses ini harus dituangkan dalam perjanjian kedua belah pihak. Dalam perjanjian penyertaan modal tersebut sekurang2nya terdapat point-point sebagai berikut.

Point Perjanjian Modal Penyertaan Koperasi

  1. nama koperasi dan Pemodal
  2. besarnya modal penyertaan
  3. usaha yang akan dibiayai modal penyertaan
  4. pengelolaan dan pengawasan
  5. hak dan kewajiban Pemodal dan koperasi
  6. pembagian keuntungan
  7. tata cara pengalihan modal penyertaan yang dimiliki Pemodal dalam koperasi
  8. penyelesaian perselisihan.

Koperasi yang boleh menghimpun modal penyertaan adalak koperasi yang telah memperoleh status sebagai badan hukum dan sudah membuat rencana kegiatan dari usaha yang akan dibiayai modal penyertaan serta yang paling penting adalah mendapat persetujuan Rapat Anggota.

Bagaimana jika pemodal ingin ikut melakukan pengawasan? diperbolehkan dengan catatan pengawasan yang dimaksud harus dimasukan kedalam perjanjian, pemodal hanya bisa ikut mengawasi sebatas usaha yang menggunakan modalnya dan pemodal tidak boleh ikut menentukan kebijakan koperasi secara umum serta pemodal tidak memiliki hak suara.

Semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan terkait silahkan mengisi kolom komentar dibawah ini saya akan berusaha menjawab sesegera mungkin.

One thought on “Manajemen Kopkar, Modal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *