CIRI KOPERASI YANG GENUIE ( ASLI)

by

Nilai Tambah Untuk Anggota Koperasi

Koperasi indonesia mempunya 2 arti penting dala perekonomian anggota. Sebuah koperasi dapat dikatakan benar2 menjalankanprinsip koperasi apabila memenuhi keduanya.

konsultasi Koperasi dan UKM

Konsultasi koperasi dan UKM disini, ahli kami akan membantu anda

Pertama adalah koperasi didirikan untuk meningkatkan skala ekonomi anggota, artinya bila anggota koperasi biasanya hanya mampu membeli 10 kg beras dengan 100 ribu setelah bergabung dengan kperasi harusnya bisa mendapat 11 kg beras. Bung Hatta mengatakan adalah sebuah idialisme picik apabila koperasi memaksa membeli dari koperasi padahal harga yang diberikan koperasi lebih mahal dari tempat lain.

Kedua adalah dilihat dari segi manajemen koperasi berkoperasi harus bisa meneken biaya operasional.

Ketiga adalah struktur organisasi koperasi mempunyai basis pada aggotanya berbeda dengan PT misalnya yan mempunyai basis pada perusahaanya. Artinya koperasi akan berkembang jika angotanya berkembang terlebih dahulu, jadi jika koperasi bertambah besar sedangkan anggota tidak mengalami perubahan maka itu adalah bentuk kapitalisasi koperasi

About Author: Gusbud

Gravatar Image
Gusbud adalah kependekan dari Agus Budiono. Pengamat dan praktisi koperasi dan Internet Marketing yang merupakan alumni Teknik UGM ini aktif di gerakan koperasi semenjak menjabat sebagai pengurus Kopma UGM. Saat ini banyak berkecimpung bidang socialpreneurship juga masih aktif menulis blog serta mengisi training.

6 thoughts on “CIRI KOPERASI YANG GENUIE ( ASLI)

  1. Koperasi harus kembali kepada "Jati Diri" Koperasi terlebih dahulu, hal ini merupakan tuntutan jaman persaingan bebas saat ini.

  2. Manajemen Koperasi, adalah manajemen khas yang tidak dimiliki oleh organisasi ekonomi lain, hal inilah yang seharusnya menjadi daya saing utama Koperasi dalam percaturan ekonomi nasional.

  3. Jika memang koperasi dijalankan sebagaimana mestinya koperasi akan menjadi kekuatan ekonomi yang luar biasa, tetapi koperasi indonesia gagap dan pengenya meniru kapitalis. coba tengok cerefour mulai mengunakan sistem membership bukankah itu ciri khas koperasi? justru kapitalis yang meniru manajemen koperasi bukan sebaliknya

  4. Blog anda OK dan unik Banget!. Submit tulisan anda di Kombes.Com Bookmarking, Agar member kami vote tulisan anda. Silakan submit/publish disini Semoga bisa lebih mempopulerkan blog/tulisan anda!

    Kami akan sangat berterima kasih jika teman blogger memberikan sedikit review/tulisan tentang Bookmarking pada blog ini.

    Salam hormat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.