CIRI KOPERASI YANG GENUIE ( ASLI)

by

Nilai Tambah Untuk Anggota Koperasi

Koperasi indonesia mempunya 2 arti penting dala perekonomian anggota. Sebuah koperasi dapat dikatakan benar2 menjalankanprinsip koperasi apabila memenuhi keduanya.

Pertama adalah koperasi didirikan untuk meningkatkan skala ekonomi anggota, artinya bila anggota koperasi biasanya hanya mampu membeli 10 kg beras dengan 100 ribu setelah bergabung dengan kperasi harusnya bisa mendapat 11 kg beras. Bung Hatta mengatakan adalah sebuah idialisme picik apabila koperasi memaksa membeli dari koperasi padahal harga yang diberikan koperasi lebih mahal dari tempat lain.

Kedua adalah dilihat dari segi manajemen koperasi berkoperasi harus bisa meneken biaya operasional.

Ketiga adalah struktur organisasi koperasi mempunyai basis pada aggotanya berbeda dengan PT misalnya yan mempunyai basis pada perusahaanya. Artinya koperasi akan berkembang jika angotanya berkembang terlebih dahulu, jadi jika koperasi bertambah besar sedangkan anggota tidak mengalami perubahan maka itu adalah bentuk kapitalisasi koperasi

Tags : koperasi , manajemen koperasi

6 thoughts on “CIRI KOPERASI YANG GENUIE ( ASLI)

  1. Jika memang koperasi dijalankan sebagaimana mestinya koperasi akan menjadi kekuatan ekonomi yang luar biasa, tetapi koperasi indonesia gagap dan pengenya meniru kapitalis. coba tengok cerefour mulai mengunakan sistem membership bukankah itu ciri khas koperasi? justru kapitalis yang meniru manajemen koperasi bukan sebaliknya

  2. Blog anda OK dan unik Banget!. Submit tulisan anda di Kombes.Com Bookmarking, Agar member kami vote tulisan anda. Silakan submit/publish disini Semoga bisa lebih mempopulerkan blog/tulisan anda!

    Kami akan sangat berterima kasih jika teman blogger memberikan sedikit review/tulisan tentang Bookmarking pada blog ini.

    Salam hormat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *