EKONOMI KOPERASI : EKONOMI KOPERASI DUNIA DAN PENGARUHNYA TERHADAP LOWONGAN PEKERJAAN GLOBAL

by

Ekonomi Koperasi Sebagai Alternatif Solusi Penyedia Lowongan Kerja Global

Melanjutkan posting terdahulu, saya kembali menyajikan data tentang kedigdayaan ekonomi koperasi di dunia.

konsultasi Koperasi dan UKM

Konsultasi koperasi dan UKM disini, ahli kami akan membantu anda

Benar memang koperasi indonesia telah mengalami kapitalisasi. Jika kita cermati perbandingan sumbangsih pembukaan lowongan pekerjaan oleh koperasi dengan usaha kecil saja koperasi indonesia jauh dibawah, tetapi hal yang sebaliknya justru terjadi pada koperasi internasional.

Koperasi, Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa koperasi memberikan begitu besar lowongan pekerjaan untuk masyarakat dunia.memang disetiap negara mempunyai eskalasi yang berbeda tetapi jika dilihat dari data glogal yang di paparkan ICA, kita akan paham betapa besar lowongan pekerjaan yang di sediakan oleh koperasi.

Anda mau tahu bagaiman ekonomi koperasi sedemikian berpengaruh terhadap ekonomi global dan memberikan lowongan pekerjaan yang besar kepada masyarakat koperasi internasional?

• Koperasi menyediakan lebih dari 100 juta pekerjaan di seluruh dunia, lebih dari 20% perusahaan multinasional.
• Di Argentina, koperasi menyediakan tenaga kerja langsung untuk lebih dari 233.000 individu. ( Source: Instituto Nacional de Asociativismo y Economia Social (INAES), September 2007 ) (Sumber: Instituto Nacional de Asociativismo y Economia Sosial (INAES), September 2007)
• Di Kanada, koperasi kredit (Koperasi Simpan Pinjam) dan serikat pekerja mempekerjakan 155.000 orang. Gerakan Desjardins (tabungan dan kredit koperasi) adalah perusahaan terbesar di provinsi Quebec.
• Di Kolombia, yang gerakan koperasi menyediakan 111.951 lowongan pekerjaan langsung dan dan lowongan pekerjaan tambahan sekitar 500.450 pekerjaan sebagai pemilik pekerja-pekerja di koperasi – Koperasi menyediakan 3,49% dari semua lowongan pekerjaan di negara tersebut. 24,41% dari lowongan pekerjaan di sektor kesehatan, 18% dari lowongan pekerjaan di sektor transportasi, 13% lowongan pekerjaan di sektor industri, 11% lowongan pekerjaan di sektor keuangan, 8,31% lowongan pekerrjaan di sektor pertanian dan 7,21% pada keuangan sektor. ( Source: CONFECOOP. Sector Cooperativo Colombiano 2007 ) (Sumber: CONFECOOP. Cooperativo Sektor Colombiano 2007)
• Di Prancis, 21.000 koperasi menyediakan lebih dari 4 juta lowongan pekerjaan. ( Source: GNC Newsletter, No 348, June 2007 ) (Sumber: GNC Newsletter, No 348, Juni 2007)
• Di Jerman, 8106 koperasi menyediakan lowongan pekerjaan bagi 440.000 orang.
• Di Indonesia, koperasi menyediakan lowongan pekerjaan untuk 288.589 individu. ( Source: Ministry of Co-operative & SMEs, Indonesia, 2004 ) (Sumber: Kementerian Koperasi & UKM, Indonesia, 2004)
• Di Italia, 70.400 koperasi memberikan lowongan kerja hampir 1 juta orang pada tahun 2005. ( Source: Camere di Commercio d’Italia, ” Secondo rapporto sulle imprese cooperative ” ) (Sumber: Camere di comment d’Italia, “Secondo rapporto sulle imprese koperasi”)
• Di Kenya, 250.000 orang bekerja dengan koperasi.
• . Dalam Slovakia, yang Koperasi Union mewakili lebih 700 koperasi yang mempekerjakan hampir 75.000 orang.

So jangan pernah ragu memperjuangkan koperasi, bung. Bravo koperasi Indonesia, Bravo Ekonomi Koperasi

About Author: Gusbud

Gravatar Image
Gusbud adalah kependekan dari Agus Budiono. Pengamat dan praktisi koperasi dan Internet Marketing yang merupakan alumni Teknik UGM ini aktif di gerakan koperasi semenjak menjabat sebagai pengurus Kopma UGM. Saat ini banyak berkecimpung bidang socialpreneurship juga masih aktif menulis blog serta mengisi training.

10 thoughts on “EKONOMI KOPERASI : EKONOMI KOPERASI DUNIA DAN PENGARUHNYA TERHADAP LOWONGAN PEKERJAAN GLOBAL

  1. wah datanya komplit bener gus 🙂 memang koperaasi banyak untungnya. tapi sekali² kalau sempet bahas tentang hukum sistem kerja koperasi menurut islam donk gus. kan koperasi berbau riba seperti bank konvensional 🙂

  2. GusBud trims infonya n pengetahuan ttg dunia koperasi saya jd nambah, bravo sistem ekonomi koperasi!
    muhammadsofyan.bog.spot

  3. Informasi tentang Koperasi seperti ini lhoo yang diperlukan, karena minat masyarakat untuk berkoperasi semakin bertambah luas.
    Bravo Bung…….. maju terus.

  4. Ayo….ojo komentar aja …..bangun Koperasi indonesia jadi raksasa koperasi dunia….anggota Koperasi kan orang-orang…lha.penduduk indonesia banyak… masak kalah sama Argentina, Canada,columbia.. bahkan kalahkan USA, kuncinya hanya terus geliatkan Koperasi Indonesia …Gimana ..Bung ….menurut anda??????

  5. Saya bahagia ketika ada rekan yang berbicara dan dan memperjuangkan cita-cita koperasi, saya yakin kalau kita setia dan konsekwen membangun dan memperjuangkan koperasi, kesejahteraan rakyat akan cepat dapat kita raih… hidup koperasi

  6. bravo KOPMA
    semoga koperasi di indonesia bisa menunjukan taringnya…
    biar rakyat jg sadar bahwa koperasi lah badan usaha yang sesuai dengan ideologi qt….^_^

  7. semoga program koperasi di pemerintahan dapat menuntaskan kemiskinan yang berkepanjangan.

  8. Siap bos Artikelnya ngisi bget buat kita2 orang koperasi bravo koperasi indonesia kita tingkatkan ekonomi bangsa kita,,.,.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.