Perihal Koperasi Pandawa ditanyakan oleh Bu Netty dari Serang. Secara pribadi saya belum pernah berdiskusi dengan pengurus Koperasi simpan Pinjam Pandawa dan tentu saya tidak memiliki kopentensi untuk mengatakan aapakah koperasi dengan perkembangan anggota yang luar biasa ini masuk kategori yang bagus atau perlu pencermatan lebih lanjut. Beberapa hal yang perlu di ketahui tentang praktek koperasi yang sudah memiliki cabang di beberapa kota ini adalah sebagai berikut.

Kemenkop Menyatakan Ada Penyimpangan Praktek Koperasi Pandawa

Kementerian Koperasi telah menyatakana menemukan praktek menympang di koperasi Pandawa seperti di rilis oleh antaranews beberapa alasan kenapa Koperasi Pandawa Menyimpang karena menurut Kemenkop karena koperasi ini lebih banyak melayani non anggota daripada anggota.

Point kedua yang menjadi sorotan kemenkop adalah. Koperasi Pandawa Depok sesuai dengan yang tertulis di web nya memberikan “bagi hasil” 10% selama 1 bulan. angka yang sangat menarik tetapi juga memunculkan pertanyaan, apa bisnis yang di dijalankan KSP Pandawa sehingga bisa memberikan sharing profit sebesar itu? Admin koperasi.net saat ini sedang berusaha menghubungi pihak ksp pandawa untuk meminta klarifikasi tentatang hal ini.
Janji Koperasi Pandawa
Ksp seperti yang sudah saya tulis dalam posting koperasi simpan pinjam adalah sebuah bisnis yang selalu menarik apalagi jika ada tawaran keuntungan yang tinggi. Untuk menjalankan sebuah ksp diperlukan seperangkat sistem yang baku untuk menjamin keamanan dan kredibilitas koperasinya.

Opini Kami Terhadap Koperasi Pandawa

Perlu kami tekankan bahwa sampai post ini kami buat, Kami telah menghubungi ojk dan juga admin web koperasi Pandawa untuk meminta informasi tetapi belum memperoleh balasan, maka apa yang kami post disini adalah murni opini pribadi.
Pihak Ksp Pandawa menyatakan bahwa operasional mereka berbada dengan Koperasi Cipaganti yang juga menggunakan sistem bagi hasil. Sebagai pengingat koperasi cipaganti juga menghimpun dana dari anggotanya dengan janji bagi hasil 1,6 % sd 1,9 % perbulan. Saya membuat perbadingan sederhana keduanya
Koperasi Pandawa vs Cipaganti
Saya perlu sampaikan kembali bahwa manajemen pandawa mengatakan bahwa sistem mereka berbeda dengan Cipaganti, jadi gambar diatas saya gunakan untuk merangkum beberapa point yang sama saja.  OJK dalam beberapa kesempatan mengingatkan masyarakat untuk mengetahui secara detail tentang skema investasi yang akan di ikuti apalagi jika tawaran keuntunganya sangat tinggi.
Saran kami bagi anda yang tertarik dengan skema bisnis Koperasi Pandawa pastikan terlebih dahulu uang anda di investasikan kedalam usaha apa, dan jika anda berharap mendapat bagi hasil 10% maka anda harus bisa memastikan bahwa bisnis yang dijalankan memang bisa menghasilkan keuntungan lebih dari 20% sebulan.

Bagi hasil koperasi pandawa disebutkan mencapai 10 % sd 15 % tetapi pengurusnya melalui kuasa hukum membantahnya mereka menyebutkan bahwa bagi hasil anggota berbeda2, kebetulan ada yang sampai 10%. Untuk mengetahui kebenaranya memang harus ditentukan oleh otoritas yang berwenang.

Sebagai perbandingan biasanya sistem profit share di lakukan oleh koperasi simpan pinjam syariah, metode perhitungan profit share yang umum dilakukan adalah ( jml deposit/ jml total dana ) x keuntungan x % bagi hasil, nah anda harus mengetahui bagaimana sistem perhitungan bagi hasil yang diterapkan.

Prissip dasar dalam konsep bagi hasil profit share adalah laba bersih, artinya dalam hal ini jika anda memasukan dana 100 juta kemudian anda investasikan di koperasi maka koperasi harus memutar dana tersebut untuk usaha yang menghasulkan profit bersih minimal 10 juta/bulan atau 120 juta pertahun.

Admin koperasi.net juga memiliki beberapa bisnis dan beberapa kali mendapatkan profit lebih dari 10% tetapi dalam skala yang tidak terlalu besar makajika ada enis usaha yang bisa memberikan keuntungan sedemikian tinggi, kontinyu dan konsisten maka akan sangat menarik untuk di diskusikan.

Kami membuat tulisan ini sabagai respon atas pertanyaan visitor, apa yang kami sampaikan berdasarkan sumber2 online yang juga bisa anda klarifikasi keberadaanya. Kenali dengan baik investasi anda, begitu pula jika anda ingin berinvetasi di koperasi pandawa.