TENTANG EKONOMI KOPERASI

by

Cukup lama saya vakum membuat update di blog koperasi ini dan saya berharap tulisan pertama di Tahun 2012 ini akan mengawal semangat saya membuat update berkala tentang manajemen koperasi. Kali ini saya akana menulis sebuah uraian singkat yang diutarakan pak Thoby Mutis tentang ekonomi Koperasi.

Ragam masalah ekonomi di dunia ketiga saat ini berupa kemis- kinan dan eksploitasi oleh yang kuat terhadap yang lemah, ketidakmerataan pemilikan sumber daya, spmber dana, sumber informasi antara individu dan kelompok-kelompok. Selain itu, muncul pula persoalan yang mempertahankan dan memperbesar kapasitas produksi karena ekspor barang-barang yang seret, pemasaran yang parah, proteksi yang berlebihan, nilai tukar produk pertanian lebih jelek daripada produk industri.

konsultasi Koperasi dan UKM

Konsultasi koperasi dan UKM disini, ahli kami akan membantu anda

 Berkaitan dengan masalah praktis yang struktural terjadi dalam masyarakat, Ben W. Lewis mengatakan, masalah ekonomi dalam masyarakat berkaitan dengan beragam pertanyaan berikut ini. 1. Sudah sampai tingkat apakah penggunaan sumber daya? 2. Bagaimana kombinasi dan pengorganisasian penggunaan sumber daya? 3. Siapa yang akan melakukan produksi dan berapa banyak? 4. Produksi itu untuk siapa dan bagaimana hasil produksi dibagikan kepada anggota-anggota masyarakat?

Lewis juga membeberkan tentang munculnya masalah ekonomi karena individu dan kelompok tertentu dalam masyarakat terlampau mementingkan diri. Tidak jarang mereka mengorbankan kepentingan orang banyak yang membutuhkan keadilan dan pemerataan yang pantas bersamaan dengan munculnya ketidakeļ¬sienan dalam penggunaan sumber daya. Ia mengatakan pula karena itu dibutuhkan penyesuaian, perubahan yang terarah agar keadilan dapat terjadi. Dalam hal itu masalah yang dihadapi ialah mengurangi kepentingan scmpit serta tidak adil yang dipertahankan oleh sementara individu atau kelompok yang sudah saatnya harus diubah.

About Author: Gusbud

Gravatar Image
Gusbud adalah kependekan dari Agus Budiono. Pengamat dan praktisi koperasi dan Internet Marketing yang merupakan alumni Teknik UGM ini aktif di gerakan koperasi semenjak menjabat sebagai pengurus Kopma UGM. Saat ini banyak berkecimpung bidang socialpreneurship juga masih aktif menulis blog serta mengisi training.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.